Latest Posts:

Beberapa fitur dari TP-Link TL-WA7210N

Bila TP-Link TL-WA7210N ditempatkan di luar ruangan sebagai Acess Point atau Hotspot gratis. Kecepatan bandwidth ke alat ini dapat dibatasi, seperti kecepatan maksimum download dan upload.  Fungsinya membatasi pemakaian bandwidth yang melewati Access Point bagi akses WIFI di ruang publik.






Sistem security.

TP-Link TL-WA7210N seperti kemampuan Router Wireless. Memiliki system security password bagi perangkat lain yang ingin masuk.









Kekuatan signal antena

TP-Link TL-WA7210N dapat mengatur kekuatan signal power dari antena, apakah power dibuat lebih kecil sampai maksimum. Di menu Wireless Settings Client Router dapat diatur berapa kekuatan signal WIFI SSID Broadcast, dan dapat diatur untuk mematikan signal WIFI untuk Local Wireless.
Menu power signal ini untuk mengatur kekuatan power antena dalam penerimaan signal dari WIFI lain ke perangkat TP-Link TL-WA7210N.







Kekuatan power antena mempengaruhi kecepatan tranfer data dari WAN yang menghubungkan kedua perangkat. Bila jarak satu titik wireless yang dituju mencapai ratusan meter. Dibutuhkan power antena lebih besar antara 24 atau 27 dBm. Bila diturunkan terlalu rendah, dampaknya koneksi data menjadi lambat atau terputus.

Pada test dibawah ini perbedaan bandwidth dengan Speed Test. Kecepatan test bandwidth dari jaringan server lokal, untuk download mencapai 1.8Mbps dengan kekuatan power 27dBm. Tetapi akan drop signifikan bila mengunakan power antena lebih rendah. 








Ketahui kinerja antena TP-Link TL-WA7210N dan arah dari sumber signal WIFI

TP-Link TL-WA7210N menerima signal WIFI secara directional atau garis lurus. Kekuatan penerimaan signal WIFI sangat tergantung dari arah dimana keberadaan sumber WIFI yang dituju. Perlu diperhatikan bila jarak dari titik WIFI cukup jauh akan merubah kekuatan penerimaan pada antena TP-Link TL-WA7210N. Sedikit saja posisi antena bergeser dapat mempengaruhi kecepatan koneksi.






Sistem antena internal dan ekternal

TP-Link TL-WA7210N memiliki pengaturan posisi internal dan ekternal antena. Termasuk setting pemasangan internal dari TP-Link TL-WA7210N sendiri. Misalnya alat ini dipasang secara vertikal, perlu di konfigurasi di Wireless Advanced dengan posisi Vertikal. Atau mengunakan antena luar, bisa dirubah di bagian menu dibawah ini dengan External Antenna






Bagaimana posisi terbaik dengan internal antena WIFI TP-Link TL-WA7210N, hasilnya bervariasi. Posisi vertikal memiliki radius lebih sempit, tetapi jangkauan lebih jauh. Bila dipasang secara horizontal, signal WIFI dengan jarak lebih dekat lebih banyak diterima. Pemasangan posisi antena dapat disesuaikan dengan kuatnya signal yang diterima. Bila signal yang diterima kurang kuat, dapat mencoba dengan mengeser arah antena atau mencoba merubah posisi vertikal / horizontal

Untuk kalibrasi arah sumber signal. Dari menu TP-Link browser sudah tersedia di AP Client Router. Fitur di aplikasi Browser dapat memberikan indikator kekuatan signal uyang diterima sesuai arah antena secara langsung / Live. Jadi tinggal mengeser arah antena, angka kekuatan penerima (dBm) akan berubah. 

Tip mengatur posisi arah antena TP-Link TL-WA7210N 

  • Pilih posisi dengan angka Signal Percent tertinggi, mewakili tepatnya arah antena dengan signal wireless yang dituju.
  • Bila arah sudah di dapat, gunakan Speedtest dan lihat hasil kecepatan tranfer.
  • Merubah posisi antena ke sudut vertikal dapat meningkatkan penerimaan signal WIFI.
  • Posisi antena harus di coba beberapa kali sampai mendapatkan sudut terbaik.
Dengan fitur kalibrasi antena, penguna dengan mudah dapat memperkirakan posisi antena terbaik untuk menerima signal wifi yang dituju. Ingat saja semakin tinggi angka dBm maka signal WIFI yang diterima semakin kuat. Bila signal sudah mencapai 100% bisa dinaikan sisi bar RSSI Range ke angka lebih besar agar angka di Signal Percent dapat berada ditengah. Dan atur kembali posisi antena pada posisi paling optimal.






Contoh gambar dibawah ini, bila pemasangan sangat tepat dengan beberapa signal WIFI yang diterima. TP-Link TL-WA7210N menerima 64 perangkat WIFI bila posisi antena sangat tepat. Sedikit saja bergeser maka jumlah signal dari wireless lain akan menghilang. Bila salah menempatkan antena dan tidak mengarah langsung ke arah perangkat WIFI, jumlah signal yang diterima dapat turun sampai 17 perangkat.








Jarak point to point wireless berbeda dengan local wireless

Sebaiknya tidak salah melihat manfaat perangkat TP-Link TL-WA7210N. Fungsi utama WA7210N adalah memperkuat penerimaan signal WIFI yang jauh. Tetapi signal tersebut bukan signal wifi untuk local wireless.







Sebagai contoh gambar bagian atas. Sebuah perangkat  WIFI Hotspot di kiri atas adalah tempat signal berada. Memiliki cover area di Area A yang sangat luas. Bila smartphone berada di dekat daerah Area A, signal wifi Area A dapat di terima oleh smartphone. Setelah menjauh dari Area A, signal WIFI akan turun dan menghilang. Bagaimana menarik signal WIFI di Area A agar bisa diterima di rumah yang tidak terlalu jauh dengan sebuah Access Point untuk menarik signal WIFI dari Area A (sebagai contoh jaraknya tidak lebih dari 200-300m). 
Mengunakan TP-Link WA7210N, signal WIFI di Area A dapat diterima. Dan alat ini ini dapat langsung dijadikan Local Wireless agar bisa diterima oleh perangkat WIFI seperti smartphone dirumah. Tentunya dibutuhkan penempatan antena dengan posisi yang tepat dan tidak terhalang.

Gambar kanan bawah, bila menghubungkan 2 posisi berbeda dimana kedua perangkat  WIFI terlalu jauh. Dapat dipasangkan 2 perangkat WA7210N untuk saling terhubung mengunakan mode Bridge. Bila salah satu perangkat memiliki akses internet, dapat berbagi dengan perangkat lain yang berbeda tempat dengan sebuah TP-Link WA7210N.

Pengertian 
Local Wireless - Signal WIFI diberikan bagi perangkat disekitarnya disebut Local Wireless. Dengan radius disekitar alat
Point to Point (WAN)- TP-Link WA7210N sebagai Wireless Access Point untuk memperkuat penerimaan signal WIFI yang jauh.

Kesimpulan dengan TP-Link TL-WA7210N


  • Perangkat ini memiliki kemampuan khusus dalam menerima signal WIFI cukup jauh. Bila signal WIFI tidak terhalang, dapat diterima sampai jarak 2km.
  • Setup menu sederhana disertai keterangan setiap setting Operation Mode yang dibutuhkan.
  • Percobaan jangkauan TP-Link WA7210N ke WISP atau Hotspot. Jarak sekitar 250 meter lebih, kecepatan tranfer mencapai 2Mbps.
  • Internal antena sudah memadai untuk menerima signal WIFI dengan kekuatan 12dBi.
  • TP-Link WA7210N adalah perangkat untuk outdoor, bisa dipasang diluar termasuk di dalam ruangan.
  • Menjadi alternatif membuat koneksi jaringan tanpa kabel dengan  2 Access Point TP-Link TL-WA7210N.
  • Kelemahan teknologi wireless adalah faktor cuaca terkadang menganggu kecepatan tranfer data.
  • Jangan lupa kekuatan daya pancar sinyal WIFI point to point dapat mempengaruhi jarak antar perangkat.


SEMOGA BERMANFAAT YA BUAT KITA SEMUA 



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar